Nama : Shiffa Andieni
NPM : 16215541
Kelas : 4EA01
Komunikasi Pemasaran Global
Suatu revolusi di dalam dunia
pemasaran digital terus saja berkembang dengan sangat pesat. Dikarenakan
banyaknya teknologi – teknologi terbaru terus saja bermunculan dan teknik
periklanan di dunia digital yang terus berevolusi. Berusaha agar tetap terus
menjadi yang terdepan dan juga dapat melihat ke depan agar dapat mengambil
langkah dengan sigap dan baik. Pemasaran
digital merupakan langkah yang cepat dan dinamis bagi para pemasar
untuk tetap berada di depan dalam persaingan mereka, Meningkatkan suatu merek
dan penjualan yang mereka butuhkan agar tetap mengikuti tren dalam dunia
marketing. Di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang trend content
marketing 2019 :
Beberapa trend teratas dalam
content marketing tahun 2019
1.
Video akan memimpin
traffic di internet
Pada
saat ini video sudah mulai masuk web sedikit
demi sedikit, suatu fenenoma yang dikenali selama bertahun-tahun lalu ketika
Washington Post menganalisa bahwa video akan mencangkup 80% dari semua traffic
di internet pada tahun 2019 yang akan datang. Hal tersebut sangatlah masuk
akal, dikarenakan rentang dari perhatian publik rata-rata sangatlah pendek dan
kebanyakan orang lebih menyukai untuk menonton video daripada membaca postingan
artikel dari blog.
Dengan
adanya hal itu, suatu merek akan antusias dan semakin berlomba-lomba untuk
mempublikasikan video dari acara live dan juga langsung dari momen di balik
layar. Kemungkinan mereka langsung membuat tips dan trik video atau apapun yang
dapat mereka kumpulkan bersama dalam satu, dua, atau tiga menit potongan dari
setip tips dan juga triknya. Tetapi, suatu pemasaran video hanya akan berhasil
ketika mereka bisa memberikan apa yang diinginkan dan di harapkan oleh
konsumen, apapun dan bagaimana mereka menginginkannya.
2.
Virtual dan Augmented
Realities
Tentunya
kalian ingat tentang launching Game pokemon go pada tahun 2017. Game mungkin
akan menjadi salah satu media penafirsir dari pemahaman tentang Augmentes
Reality dan Virtual Reality (AR dan VR), hal ini juga akan menjadi peluang luar
biasa bagi mereka agar untuk menggunakan teknologi yang satu ini agar dapat
meningkatkan customer experiencenya.
Baru
baru ini Nickelodeon juga telah memasuki tahap VR dan AR dengan menambahkan
mode AR kepada aplikasi selulernya dan meluncurkan SlimeZone, “ pengalaman
multiplayer pertama, pengalaman VR social. ”Dengan penambahan teknologi ini,
chanel anak anak ini akan menjadikan anak – anak tetap berada di dalam layanan
meskipun sedang menghadapi berbagai gangguan dari tempat lain.
3.
Strategi Pemasaran
akan menjadi lebih kreatif dari sebelumnya
Seorang
konsumen pada saat ini semakin tahan terhadap iklan dan peningkatan pemblokir
iklan yang dengan tiba tiba telah membuat semakin sulit bagi para pemasar untuk
mengirimkan pesan pesan mereka. Jika pemasar ingin mengait atau menjangkau
sebuah konsumen pada tahun 2019 yang akan datang, maka mereka harus berusaha
lebih giat lagi untuk iklan mereka dan memadukannya secara alami ke dalam
sebuah konten, jangan lupa untuk memasukkan iklan asli di dalamnya.
Iklan
asli akan memberikan jeda yang sangat dibutuhkan seperti adanya iklan spanduk.
Tetapi, dikarenakan brand telah bekerja mati matian agar tidak terlalu
mengganggu dari sisi visual, mereka harus menghilangkan batas antara iklan asli
dengan iklan tradisional.
4.
Iklan terprogram akan
menjadi biasa saja
Di
tahun 2018, pertumbuhan iklan terprogram semakin pesat saja. Teknologi yang
dulunya hanya diperuntukkan untuk pembelian media yang sedang semangat
semangatnya dan diprediksikan akan dapat menghasilkan dua pertiga dari iklan
tampilan digital dunia pada tahun 2019. Seorang pembeli dan juga penjual akan
merasa sengat untuk berinvestasi pada pembelian iklan otomatis dan mereka akan
berusaha untuk melakukannya. Tampilan digital ini sedang dalam perjalanan untuk
menjadi 100% terprogram. Yang paling menarik disini ialah tentang bagaimana
cara media tradisional akan mengikutinya? Kalian dapat berharap lebih, untuk
melihat bagaimana pergeseran seperti ini dari programatik kepada media
tradisional yang sudah mulai dibentuk pada tahun 2019 yang akan datang.
5.
Suara akan menjadi
alat pencarian pemasaran terbanyak
ComScore
telah memikirkan bahwa pada 2020 yang akan datang, setengah dari semua
permintaan pencarian akan lebih banyak yang berbasis suara. Prediksi yang
menyebabkan pemasar cerdas untuk duduk dan selalu memperhatikannya.
Teknologi
pengenalan suara ini sangat di harapkan dapat berkembang pesat dan lebih baik
lagi, dan tentunya konsumen akan menyambut kenyamanan pencarian suara cerdas
dengan senang hati. Pada saat ini orang orang biasanya sering menggunakannya
ketika pada saat dalam keadaan tangan yang penuh atau ketika mereka sedang
dalam keadaan mengemudi.
Akan
tetapi pada saat tingkat akurasi kata semakin meningkat pada tahun depan dan
akan membuat konsumen menjadi lebih terbiasa dengan berbagai kebutuhan mereka
agar bisa terpenuhi, berharap untuk melihat merek yang bersaing di platform
lain, karena mereka berjuang, bagaimana caranya bisa ditemukan dalam suatu
pencarian suara.
6.
Artificial
intelligence (AI) Powered Solutions dimana dari usaha kecil hingga perusahaan
besar
Jika
pada tahun 2018 merupakan tahun perusahaan mulai bereksperimen dengan aplikasi
kecerdasan buatan (Ai) dan pembelajaran mesin (ML), maka di tahun 2019 mungkin
akan menjadi tahun yang cukup baik untuk mereka. Dari chatbots otomatisasi
proses robot, nilai dari efisiensinya akan lebih di tingkatkan, serta
peningkatan produstivitas, dan kepuasan pelanggan yang semakin tinggi akan
menjadi semakin jelas.
Di
tahun 2019 yang akan datang, teknologi yang lebih banyak di dukung oleh AI akan
membuat pemasaran yang lebih berpusat kepada para pelanggan untuk tingkatan
yang lebih baru. Diferensiator besar, mengharapkan analisis yang lebih bagus
atau lebih baik, peningkatan profil pelanggan dan juga tentunya strategi
personalisasi yang lebih canggih lagi.
7.
Sistem Komunikasi
Telah
bertahun tahun pemasaran telah memiliki stigma negative di sekitarnya,
pemasaran dan penjualan dianggap menipu karena janji-janji mereka yang
berlebihan. Dengan hal itu konsumen menjadi sulit untuk terkesan dan akan lebih
enggan untuk percaya begitu saja. Selain itu, informasi yang banyak, ulasan dan
lain lain.
Yang
tersedia bagi konsumen agar mereka dapat lebih mengerti kekurangan merek dan
produk. Dengan cara mendorong saluran komunikasi antara dua arah terbuka dengan
konsumen mereka dapat membantu untuk membentuk suatu hubungan yang lebih baik
dan dapat membangun kepercayaan.
Komentar
Posting Komentar